Tugas PTI
TUGAS
PENGANTAR
TEKNOLOGI INFORMASI
Tugas Internet, Intranet, Ekstranet
HOLIDIYATUL AMANI
201950309
Ø Pengertian Internet
·
Internet adalah sebuah jaringan
yang menghubungkan komputer satu sama lain yang menggunakan standar sistem
global Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP)
sebagai protokol pertukaran sehingga kita bisa saling berkomunikasi,
berinteraksi, dan saling bertukar informasi meski dalam jarak yang jauh.
Ø Evolusi Internet
Ø Infrastruktur dari Internet
·
infrastruktur dari internet
terdapat 2 jenis yang disediakan oleh penyedia jaringan dan layanan pada
umumnya yaitu:
1. Melalui
Kabel (fiber optic / serat optic)
2. Media
satellite yang kemudian disalurkan melalui tower / pemancar (nirkabel)
3. internet
itu sendiri dijalankan baik di Indonesia maupun diseluruh dunia ?
Ø Penggunaan Internet
·
Alamat internet
Situs
web (website) adalah sekumpulan halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan
secara perorangan, kelompok, atau organisasi.
·
Akses internet
Ada
171,17 juta pengguna internet Indonesia di tahun 2018. Bila berbicara segi umur, maka
pengguna internet tersebut dikuasi oleh milenial.
Data tersebut diungkapkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang di mana tiap tahunnya merilis angka terkini jumlah pengguna internet di Tanah Air.
Data tersebut diungkapkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang di mana tiap tahunnya merilis angka terkini jumlah pengguna internet di Tanah Air.
·
Dial-up
Dial-up
adalah suatu jenis koneksi antara komputer dengan menggunakan saluran telepon
tetap ataupun bergerak. Atau definisi dial-up yang lainnya yaitu merupakan
sebuah istilah untuk menghubungkan komputer ke internet dengan menggunakan
saluran telepon. Sedangkan syarat
yang utama untuk melakukan koneksi dial-up harus ada modem.
·
Landline broadband
Internet Broadband adalah istilah generik yang digunakan
untuk berbagai jenis koneksi internet dengan mengunakan teknologi broadband.
pengertian Broadband dalam arti
harfiah, berarti jangkauan frekuensi yang luas yang digunakan
untuk mengirim dan menerima data. Sebelumnya, proses akses
internet dial-up sangatlah lambat, kecepatankoneksi dial-up
terlalu lamban karena saluran telepon tetap sibuk saat
mengakses internet. Faktor-faktor inilah membuat metode
koneksi broadband ini disukai untuk akses internet.
o DSL
DSL adalah singkatan dari digital subscriber line. Pengertian digital subscriber line
adalah teknologi yang mampu menyediakan bandwith cukup tinggi ke
rumah-rumah atau perusahaan dengan menggunakan media kabel telepon.
Umumnya kecepatan downolad dari DSL sekitar dari 128 kbit/d hingga 24.000
kb/d tetapi tergantung dari teknologi DSL tersebut. Untuk ADSL Kecepatan upload lebih rendah dari download
dan untuk SDSL sama cepat.
o Cable modem
Modem
Kabel (cable modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan
sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk
koneksi ke internet dengan kecepatan maksimum 27 Mbps downstream (kecepatan
unduh ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan unggah dari
pengguna). Agar dapat menggunakan modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan kartu eternet.
·
WI-FI
pengertian
Wifi adalah teknologi untuk saling bertukar data menggunakan gelombang radio
(secara nirkabel) dengan memanfaatkan berbagai peralatan elektronik. Diperlukan
peralatan elektronik seperti misalnya komputer, smartphone, tablet, atau bahkan video game
console untuk terhubung dalam jaringan komputer, termasuk internet, melalui
Wifi.
·
Satellite
Satelit
merupakan sebuah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan
juga rotasi tertentu. menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang dimaksud
dengan pengertian satelit adalah bintang siarah yang mengedari bintang siarah
yang berukuran lebih besar. Sebagai contoh adalah bulan mengelilingi bumi.
Satelit- satelit ini dapat mengelilingi planet di tata surya disebabkan karena adanya gaya gravitasi dari
planet.
·
Cell phones
Ø Layanan yang Disediakan oleh Internet :
1. Email
(Elektronic Mail)
Electronic Mail (email) yang berarti ssurat elektronik ini berfungsi untuk mengirim surat. Menurut sejarahnya layanan ini adalah layanan internet yang pertama di dunia. Bahkan saya baca di wikipedia email tercipta sebelum internet diciptakan. Dengan adanya layanan Email kita dimudahkan dalam mengirim surat. Contoh layanan Email adalah Tahoo, Gmail, dll.
Electronic Mail (email) yang berarti ssurat elektronik ini berfungsi untuk mengirim surat. Menurut sejarahnya layanan ini adalah layanan internet yang pertama di dunia. Bahkan saya baca di wikipedia email tercipta sebelum internet diciptakan. Dengan adanya layanan Email kita dimudahkan dalam mengirim surat. Contoh layanan Email adalah Tahoo, Gmail, dll.
2.
E-Commerce
E-Commerce adalah yalanan intrenet yang digunakan untuk kepentimgan ekonomi. Toko online merupakansalah satu contoh dair layanan E-Commerce. Dengan adanya layanan ini, kita tidak perlu peergi ke toko untuk berbelanja, karna kita bisa beli barang secara online dan tidak peerrlu cape, contohnya Tokopedia, Buka Lapak, Lazada, dll.
E-Commerce adalah yalanan intrenet yang digunakan untuk kepentimgan ekonomi. Toko online merupakansalah satu contoh dair layanan E-Commerce. Dengan adanya layanan ini, kita tidak perlu peergi ke toko untuk berbelanja, karna kita bisa beli barang secara online dan tidak peerrlu cape, contohnya Tokopedia, Buka Lapak, Lazada, dll.
3.
E-Banking
Dengan adanya E-Banking proses transfer uang yang anda lkukan bisa berjalan dengan cepat. Saat ini sudah bnyak Bank yang menyediakan layanan ini, sehingga para nasabah Bank tersebut tidak perlu lagi pergi ke ATM untuk melakukan transfer uang. Bahkan beberapa Bank sudah merambah ke dumia mobile, sehingga kegiatan transfer uang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.
Dengan adanya E-Banking proses transfer uang yang anda lkukan bisa berjalan dengan cepat. Saat ini sudah bnyak Bank yang menyediakan layanan ini, sehingga para nasabah Bank tersebut tidak perlu lagi pergi ke ATM untuk melakukan transfer uang. Bahkan beberapa Bank sudah merambah ke dumia mobile, sehingga kegiatan transfer uang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.
4.
E-Learning
Merupakan sistem pembelajaran elektronik, dimana peserta didik dan guru tidak bertatapmuka secara langsung, melainkan dari jara jauh. Koomputer menjadi perantara antara pengajar dan peserta didik. Dengan adanya E-Learning kita dapat membaca materi secara berulang ulangg. Namun dapatmengurangi interaksi antara guru dengan murid secara langsung.
Merupakan sistem pembelajaran elektronik, dimana peserta didik dan guru tidak bertatapmuka secara langsung, melainkan dari jara jauh. Koomputer menjadi perantara antara pengajar dan peserta didik. Dengan adanya E-Learning kita dapat membaca materi secara berulang ulangg. Namun dapatmengurangi interaksi antara guru dengan murid secara langsung.
5.
E-Goverment
E-Goverment merupakan bentuk pelayanan pemerintah terhadap masyarakatnya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Ada beberapa model penyampaian utama yaitu Goverment to Citizen / Goverment to Customer (G2C), Goverment to Goverment (G2G). E-Goverment dciharapkan dapat meningkatkan efisiensi, kenyamanan dan aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.
E-Goverment merupakan bentuk pelayanan pemerintah terhadap masyarakatnya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Ada beberapa model penyampaian utama yaitu Goverment to Citizen / Goverment to Customer (G2C), Goverment to Goverment (G2G). E-Goverment dciharapkan dapat meningkatkan efisiensi, kenyamanan dan aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.
6.
Milist (Mailing List)
Milist atau Mailing List adalah layanan yang digunakan untuk berdiskusi dalam suatu komunitas atau organisasi. Setiap anggona milist dapatmembaca surat dari anggota lainnya yang berada dalam lingkaran grup diskusi. Dan setiap anggota juga berhak membalas surat atu tidak. Apabila ada salah satu anggota yang membalas pesan maka semua anggota yang berada dalam grup tersebut akan mendapat balasan pesan. Dalam Milist setiap orang dapat berlangganan atau berhenti berlangganan.
Milist atau Mailing List adalah layanan yang digunakan untuk berdiskusi dalam suatu komunitas atau organisasi. Setiap anggona milist dapatmembaca surat dari anggota lainnya yang berada dalam lingkaran grup diskusi. Dan setiap anggota juga berhak membalas surat atu tidak. Apabila ada salah satu anggota yang membalas pesan maka semua anggota yang berada dalam grup tersebut akan mendapat balasan pesan. Dalam Milist setiap orang dapat berlangganan atau berhenti berlangganan.
7.
Internet Relay Chat (IRC)
IRC atau akrab disebut layanan chatting adalah salah suatu teknologi dimana setiap orang dapat berinteraksi dengan orang lain yang jaraknya jauh. Dengan adanya teknologi inikita dapat berkenalan dengan orang baru dan memperbanyak teman atau relasi. Kita pun bisa saling melihat wajah lawan bicara kita apabila komputer kita atau orang tersebut dilengkapi dengan WebCam.
IRC atau akrab disebut layanan chatting adalah salah suatu teknologi dimana setiap orang dapat berinteraksi dengan orang lain yang jaraknya jauh. Dengan adanya teknologi inikita dapat berkenalan dengan orang baru dan memperbanyak teman atau relasi. Kita pun bisa saling melihat wajah lawan bicara kita apabila komputer kita atau orang tersebut dilengkapi dengan WebCam.
8.
Voic Over Internet Protocol (VOIP)
VOIP memungkinkan kita untuk berbicara melalui telepon dengan biaya gratis. VOIPhanya membutuhkan koneksi internet sehingga tidak perlu menggunakan pulsa. Di Indonesia terdpat VOIP Rakyat, anda bisa mengunakan fasilitas ini dengann gratis.
VOIP memungkinkan kita untuk berbicara melalui telepon dengan biaya gratis. VOIPhanya membutuhkan koneksi internet sehingga tidak perlu menggunakan pulsa. Di Indonesia terdpat VOIP Rakyat, anda bisa mengunakan fasilitas ini dengann gratis.
ü Layanan komunikasi
Salah satu fungsi dasar dari kantor dan merupakan proses yang
esensial bagi semua bentuk perusahaan. Komunikasi merupakan proses penyampaian
informasi dari satu orang ke orang lain melalui pos, telepon, teleprinter, jasa
kurir, atau sarana lain.
·
e-mail
Pengertian Email atau surat elektronik adalah
suatu sarana untuk mengirim dan menerima surat atau pesan dengan format digital
melalui jalur jaringan komputer dan internet.
·
USENET Newgroup (forums)
Newsgroup adalah suatu tempat
penyimpanan yang biasanya dipakai oleh usenet (sistem diskusi internet yang
tersebar) untuk berbagai pesan yang dikirimkan dari banyak pengguna pada
lokasi-lokasi yang berlainan. Kadang istilah ini membingungkan, sebab kebanyakan orang
memakai newsgroup untuk diskusi kelompok. Perangkat lunak yang dipakai untuk
membaca newsgroup yaitu Newsreader.
·
LISTSERV
Listserv
Merupakan sebuah sistem distribusi mailing-list otomatis atau bisa juga disebut
sebagai Komputer yang mengotomatiskan pengiriman e-mail (bertindak sebagai
pusat distribusi untuk pesan-pesan e-mail). Salah satu contoh adalah EDTECH
yang para anggotanya mendiskusikan topik-topik yang terkait dengan teknologi
pendidikan.
LISTSERV
adalah daftar aplikasi perangkat lunak surat elektronik yang pertama, yang
terdiri dari satu set alamat email untuk kelompok di mana pengirim dapat
mengirim satu email dan akan mencapai berbagai orang. Ketika seseorang
berlangganan milis, listserv secara otomatis akan menambahkan alamat dan
mendistribusikan masa depan e-mail ke alamat itu bersama dengan semua orang
lain dalam daftar.
·
Chatting
Chatting adalah aktivitas berkomunikasi yang
dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan memanfaatkan aplikasi chatting dan
jaringan internet. Aplikasi chatting saat ini sudah sangat maju. Tidak
hanya mengirim pesan teks saja, aktivitas chatting sekarang ini juga bisa
mengirimkan emoticon, pesan suara, bahkan video.
·
Instant messaging
Instant Messaging adalah bentuk komunikasi pesan singkat antara dua orang
atau lebih menggunakan teks yang diketik. Teks dikirim melalui komputer yang
terhubung melalui sebuah jaringan LAN atau internet.
·
Telnet
Telnet yaitu merupakan suatu protocol
yang memungkinkan penggunanya dapat login dan bekerja pada sistem jarak jauh,
seperti jika terdapat program maupun file yang tersimpan pada komputer jarak
jauh tersebut berada di komputer pengguna itu sendiri. Singkatnya Telnet merupakan
perangkat lunak (softwere) yang digunakan
untuk melakukan kontrol jarak jauh pada sistem komputer.
·
Internet telephony
Internet telephony yaitu fasilitas untuk berkomunikasi dan suara melalui
internet menggunakan pesawat telepon, pulsa yang dibayar sama dengan pulsa
internet walaupun dilakukan secara SLJJ atau SLI. Software yang digunakan untuk
telephony adalah net2phone, buddytalk, media ring talk, dll.
·
Internet fax
Internet fax juga dapat digunakan untuk mengirim faximili yang secara umum
internet fax melalui mesin faksimili. Biaya yang dibebankan adalah biaya lokal
atau sama dengan internet. Fasilitas ini sanagat mempermudah para sekretaris
perusahaan untuk mengirim faksimili dalam jumlah yang banyak.
·
Streaming audio dan vidio
Streaming memiliki dua macam, yakni streaming audio dan
vidio. Melalui pengertian streaming audio itu sendiri untuk mendengarkan siaran
secara live internet. Tetapi tidak mendownload terlebih dahulu lalu
menyimpannya di computer, dengan streaming ini dapat mendengar tanpa harus
mendownloadnya.
Sedangkan pengertian dari vidio streaming adalah untuk melihat langsung
siaran vidio melalui internet, tanpa mendownload dan menyimpannya di computer
sebelumnya.
·
Real-time audio dan vidio
Real time yaitu tidak langsung atau on-demand.
ü Layanan perolehan informasi (information retrieval
services)
·
File transfer
protocol (FTP)
File
Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk
tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP.
Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client. FTP server
adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan
layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan
layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.
·
Archie
Archie
: Perkakas untuk pengindeks-an arsip yang terdapat di FTP, sehingga
memungkinkan orang untuk melakukan pencarian yang spesifik. Implementasi
pertama kali ditulis oleh Alan Emtage dan J. Peter Deutsch pada tahun 1990.
·
Gophers
Gopher
: Sistem informasi di internet yang disusun secara hirarkis dan
terstruktur sehingga mempernudah pemakai untuk mencari dan mendapatkan
informasi yang diinginkan. Informasi gopher berbasis teks dan saat ini
fungsinya di gantikan oleh world wide web (www).
·
Veronica (very
easy rodeth oriental netwide index to computer)
Veronica
: Mesin pencari untuk protokol Gopher, diciptakan pada tahun 1992 oleh Steven
Foster Fred Barrie dari University of Nevada.
·
Wide area
information server (WAIS)
WAIS
: Wide Area Information Servers atau WAIS adalah sistem pencarian teks
client-server yang menggunakan standar ANSI Z39.50 untuk mencari indeks basis
data pada komputer remote.
·
Web services
Web
service adalah suatu sistem perangkat lunak yang dirancang untuk mendukung
interoperabilitas dan interaksi antar sistem pada suatu jaringan. Web service
digunakan sebagai suatu fasilitas yang disediakan oleh suatu web site untuk
menyediakan layanan (dalam bentuk informasi) kepada sistem lain, sehingga
sistem lain dapat berinteraksi dengan sistem tersebut melalui layanan-layanan
(service) yang disediakan oleh suatu sistem yang menyediakan web service. Web
service menyimpan data informasi dalam format XML, sehingga data ini dapat
diakses oleh sistem lain walaupun berbeda platform, sistem operasi, maupun
bahasa compiler.
Ø World Wide Web
World Wide Web adalah suatu ruang informasi di internet
yang digunakan oleh pengenal global yang disebut dengan Pengidentifikasi Sumber
Ragam/ URI untuk mengenali sumber daya berguna. World
Wide Web berisi kumpulan peladen web dari berbagai seluruh
bagian dunia untuk menyediakan informasi dan data yang bisa digunakan bersama.
ü Browser
Browser adalah menjelajah dengan mengikuti link di halaman web. Browser
adalah software/aplikasi/perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses/
menampilkan halaman web. Lebih jelasnya Web browser adalah aplikasi perangkat
lunak digunakan untuk mencari, mengambil dan juga menampilkan informasi
di World Wide Web, termasuk halaman Web, gambar, video dan file
lainnya. Browser juga mempunyai kemampuan dalam menampilkan kode semantik atau
bahasa pemrograman halaman website seprti HTML, Java Script, CSS dan lain-lain menjadi halaman yang mudah
dimengerti semua orang.
ü Offline browser
Offline
browsing adalah sebuah cara untuk menghemat penggunaa waktu offline.
Fungsi offline browsing adalah dapat menyimpan sebuah dokumen web (lengkap dengan link dan isinya ) ketika sedang offline.
Fungsi offline browsing adalah dapat menyimpan sebuah dokumen web (lengkap dengan link dan isinya ) ketika sedang offline.
ü Mesin pencari (search engine)
Search
engine atau
mesin pencari adalah sebuah sistem software atau sebuah aplikasi
yang didesain dan disediakan oleh suatu badan komersial tertentu dan dibuat
dengan tujuan untuk memudahkan pengguna internet mencari berbagai informasi di
internet. Berbagai informasi ini biasanya tersimpan dalam WWW (World
Wide Web), FTP (File
Transfer Protocol), atau mailing list yang berada
dalam sebuah server.
ü Push technology
Technology push ialah Produk baru diperoleh dari teknologi produksi, penggunaan
teknologi yang canggih dan kemudahan operasi, dengan sedikit perhatian terhadap
pasar. Dengan kata lain suatu produk atau teknologi baru didorong atau dijual
ke pasar (potential
customer) yang tidak meminta atau mengetahui perihal produk atau
teknologi baru tersebut.Technology Pushakan menuju
kepada radical innovation.
ü Penyaring informasi
penyaringan
informasi adalah sistem yang menghapus informasi yang berlebihan atau tidak diinginkan dari aliran informasi
menggunakan metode (semi) otomatis atau terkomputerisasi sebelum disajikan
kepada pengguna manusia. Tujuan utamanya adalah pengelolaan informasi yang
berlebihan dan peningkatan rasio sinyal-terhadap-suara semantik . Untuk melakukan ini, profil
pengguna dibandingkan dengan beberapa karakteristik referensi. Karakteristik ini dapat berasal dari item
informasi (pendekatan berbasis konten) atau lingkungan sosial pengguna
(pendekatan penyaringan
kolaboratif ).
ü Clipping services
ü Personalized web service
Web
service adalah aplikasi sekumpulan data (database), perangkat lunak (software)
atau bagian dari perangkat lunak yang dapat diakses secara remote oleh berbagai
piranti dengan sebuah perantara tertentu. Secara umum,web service dapat
diidentifikasikan dengan menggunakan URL seperti hanya web pada umumnya. Namun
yang membedakan web service dengan web pada umumnya adalah interaksi yang
diberikan oleh web service. Berbeda dengan URL web pada umumnya, URL web
service hanya menggandung kumpulan informasi, perintah, konfigurasi atau sintaks
yang berguna membangun sebuah fungsi-fungsi tertentu dari aplikasi.
ü Web authoring
Ø Tantangan-Tantangan Internet
Tantangan pertama adalah perlindungan privasi. Saat ini,
masyarakat dunia maya berbagi banyak kehidupan pribadi melalui jejaring sosial seperti
Facebook dan Twitter. Masyarakat juga mulai lebih sering menyimpan data digital
di sistem cloud (sistem awan) dan
ponsel.
Meskipun informasi yang
dikumpulkan secara digital dapat dipersonalisasi di internet, namun tetap saja
muncul kekhawatiran bahwa data tersebut dapat dikumpulkan dan dijual pihak
lain, tanpa sadar dan digunakan untuk merugikan pengguna.
IADS percaya bahwa
industri harus mengambil langkah cermat melawan mitos perdebatan privasi dengan
menetapkan standar global, memberikan kebijakan transparansi serta mendidik
pengguna internet.
Sebagai contoh, Facebook
yang diselimuti kasus pemanfaatan data pengguna tanpa izin harus
mempertanggungjawabkan tindakan mereka secara transparan ke publik, tulis media
Business Insider.
Saat ini, Electronic
Frontier Foundation berambisi untuk memperluas hak-hak privasi pengguna di
dunia nyata ke dalam produk digital dengan mempromosikan teknologi proteksi
privasi.
Tantangan
kedua adalah memodernisasi Undang-undang Hak Cipta. Aturan hak cipta telah
tertingal jauh di belakang kurva teknologi. Audio, video, buku elektronik
(e-book) dan artikel online dapat digandakan dan dipertukarkan hanya dengan
menekan satu tombol. Di lain pihak, kebijakan kepemilikan produk sangat tidak
mendukung di dunia digital. IADAS menyarankan
Undang-undang Hak Cipta yang baru dan lebih baik. Untuk pengunaan internet yang
berguna dibutuhkan aturan hak cipta yang berpotensi tinggi, baru dan modern
sehingga merefleksikan hubungan antara teknologi dan kreativitas, tulis
keterangan IADAS. Sebagai contoh, pengamat
teknologi Anil Dash mencatat bahwa pelanggaran hak cipta paling mencolok tampak
di video campuran lagu para artis di YouTube. Karya ini dapat dilihat sebagai
pernyataan politik kolektif soal pembangkangan masyarakat. Pemerintah harus
mendorong restrukturisasi politik online sehingga semua lapisan masyarakat
tidak dirugikan. Organisasi nirlaba
Creative Commons saat ini mengembangkan dukungan dan infrastruktur hukum dan
proses teknis untuk memaksimalkan kreativitas, pertukaran data dan inovasi
digital.
Tantangan ketiga adalah memastikan netralitas
internet. Pendukung netralitas internet percaya bahwa penyedia layanan internet
(Internet service providers / ISP) harus memperlakukan semua lalu lintas web
dengan sama.
Pengamat teknologi AS Vint Cerf yang dianggap banyak orang
sebagai tokoh terkemuka internet percaya bahwa prinsip netralitas dapat
meningkatkan kompetisi dan inovasi individu untuk menciptakan konten dan
layanan terbaik.
Terlalu banyak aturan membuat operator jaringan melakukan
diskriminasi dalam mendukung berbagai jenis layanan. Ini mengganggu berbagai
pihak dan menempatkan operator sebagai pengendali aktivitas online, tulis Cerf.
Apa yang harus dilakukan untuk masa depan adalah para pemimpin
industri dan pembuat kebijakan duduk bersama mengidentifikasi solusi demi
menjamin perlakuan adil terhadap semua lalu lintas internet. Bagaimanapun,
solusi ini juga harus memberikan fleksibilitas yang cukup bagi ISP untuk
mengelola jaringan dan layanan secara efisien, tulis IADAS.
Tantangan
keempat adalah menjaga keterbukaan web. Pencipta World Wide Web tim Berners-Lee
menulis di Scientic American, dengan merancang
protokol komputer dan perangkat lunak, proses penggunaan sebenarnya di luar
kontrol manusia. Kita berhak memilih properti yang kita inginkan dan tidak.
Sayangnya, dengan keberadaan jejaring sosial dan perangkat
seluler yang dibangun dengan platform tersendiri, Web diambang bahaya karena
berada dalam lingkungan yang terfragmentasikan. Peserta IADAS memperingatkan
keberadaan aplikasi seluler dan jejaring sosial yang cenderung membatasi
interaksi Web dan kekuatan komunal.
Tantangan kelima adalah kekuatan pengamanan
internet. Menyimpan data secara online sangat menyenangkan dan efisien namun
kemudahan itu memiliki harga tersendiri. Muncul ketakutan di pengguna facebook
atau data perbankan internet bahwa informasi pribadi mereka bisa jatuh ke
tangan yang salah.
Contoh dugaan paling besar adalah pemerintah China yang menuduh
Google di awal 2010 menyebarkan data pribadi penguna. Keberadaan situs
Wikileaks juga menunjukkan betapa data pribadi dapat dimanfaatkan orang lain
dan bocor di masyarakat.
ü Teknologi-teknologi baru
ü Peraturan internet
ü Ekspansi internet
Perluasan internet
ü Internet privacy
Ø Pengertian Internet
Intranet
adalah jaringan pribadi (Private Network) yang mengunakan internet untuk saling
berbagi dan bertukar informasi di dalam jaringan lokal contohnya adalah:
Perusahaan, Kantor, Sekolah Universitas DLL. Intranet juga termasuk ke dalam
salah satu jaringan LAN (Local Area Network) yang hanya bisa mencakup wilayah
kecil.
ü Private network
Virtual Private Network atau biasa disebut VPN adalah
Sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan
tertentu, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk
melakukan transmisi data paket secara pribadi. salah satu fungsi adanya vpn
adalah keamanan dalam berkomunikasi atau dalam pertukaran data, juga tidak
memungkinkan pihak lain untuk menyusup ke traffic (lalu lintas jaringan) yang
tidak semestinya.
Ø Keamanan intranet
Keamanan internet adalah semua masalah yang mencakup keamanan untuk
transaksi yang dilakukan melalui Internet. Umumnya, keamanan Internet meliputi
keamanan browser, keamanan data yang dimasukkan melalui form Web, otentikasi
keseluruhan, dan perlindungan data yang dikirim melalui Internet Protocol.
ü Public key security
Public
Key Encryption adalah Sistem enkripsi (penyandian) yang menggunakan dua kunci,
yaitu kunci publik dan kunci privat. Kunci publik diberitahukan oleh pemilik
dan digunakan oleh semua orang yang ingin mengirimkan pesan terenkripsi kepada
pemilik kunci. Kunci privat digunakan oleh pemilik kunci untuk membuka pesan
terenkripsi yang ia terima.
·
Encyption
Program
penyandi pesan agar tidak dapat dibaca orang lain atau tidak dapat diketahui
informasinya oleh orang lain tanpa pengetahuan khusus. Atau arti dari
encryption yaitu sebuah proses untuk “mengaburkan” informasi supaya informasi
tersebut tidak dapat dibaca tanpa pengetahuan khusus.
·
Digital certificates
Digital
Certificate (Sertifikat digital) adalah “kata sandi” elektronik yang
memungkinkan seseorang, organisasi untuk bertukar data secara aman melalui
Internet menggunakan public key infrastructure (PKI). Sertifikat Digital juga dikenal sebagai sertifikat kunci
publik atau sertifikat identitas. Sertifikat digital berbagi kunci publik
yang akan digunakan untuk enkripsi dan otentikasi.
ü Firewall
Firewall yaitu suatu kombinasi antara hardware
(perangkat keras) dan software (perangkat lunak) yang fungsinya menjadi pemisah
diantara jaringan komputer menjadi dua atau lebih untuk menjaga keamanan data. Pengertian lain dari firewall adalah suatu sistem
kemanan pada jaringan komputer yang dipakai untuk melindungi komputer dari
beberapa serangan dari komputer luar.
ü Assured pipeline
Pipeline adalah suatu cara yang digunakan untuk melakukan sejumlah kerja
secara bersama tetapi dalam tahap yang berbeda yang dialirkan secara kontinu
pada unit pemrosesor. Dengan cara ini, maka unit pemrosesan selalu bekerja. Teknik pipeline ini dapat diterapkan pada
berbagai tingkatan dalam sistem komputer. Bisa pada level yang tinggi, misalnya
program aplikasi, sampai pada tingkat yang rendah, seperti pada instruksi yang
dijaankan oleh microprocessor.
Ø Pengertian Ekstranet
Extranet (Ekstranet) ini ialah sebuah jaringan pengguna
(pribadi) yang menggunakan protokol internet serta juga sistem telekomunikasi
publik untuk dapat membagi sebagian informasi bisnis atau juga operasi itu
dengan secara aman itu kepada penyalur(supplier),
penjual(vendor),mitra(partner), pelanggan serta lain-lain.
Ø Tipe-Tipe dari Ekstranet
Tipe-tipe
utama dari ekstranet adalah (berdasarkan rekan bisnis yang terlibat dan
tujuannya) :
1.
Perusahaan dan dealernya,
pelanggannya, dan suppliernya. Ekstranet seperti ini
dipusatkan pada satu perusahaan
2.
Sebuah ekstranet
industri. Beberapa industri bergabung membuat ekstranet yang berguna untuk
mereka
3.
Joint Venture dan
kemitraan bisnis lainnya. Beberapa mitra bisnis bergabung untuk membentuk
ekstranet yang digunakan sebagai alat untuk berkolaborasi dan berkomunikasi.
ü Satu
perusahaan
Sering digunakan perusahaan untuk kegiatan bisnis.
Dapat bertukar data bervolume besar dan dapat digunakan untuk jaringan
kerjasama. Keamanan data tetap terjaga karena data yang bisa dilihat hanya
sebagian saja.
ü Ekstranet industri
Beberapa
Intranet. Dengan menggunakan Intranet Kita bisa membangun sebuah industri
Ekstranet yang merupakan gabungan beberapa Ekstranet yang memiliki Ekstranet,
yang berguna untuk mempermudah komunikasi.
ü Joint venture atau mitra bisnis
Joint venture adalah bentuk gabungan dari
beberapa perusahaan dari berbagai negara yang berkerjasama dan menjadi satu
perusahaan untuk mencapai konsentrasi kekuatan ekonomi dan tanpa melihat besar
atau kecilnya modal. Kepengurusan Joint venture dipimpin oleh Dewan Direktur
yang dipilih oleh para pemegang saham, dan pendiriannya harus mempunyai bentuk
hukum PT (Perseroan Terbatas).
Ø Portal Informasi Perusahaan (Enterprinse Information Portals )
Portal Informasi Perusahaan (EIP) adalah suatu
aplikasi yang memungkinkan organisasi untuk membuka secara internal dan
eksternal informasi yang disimpan dan memberikan pengguna pintu gerbang tunggal
untuk informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan bisnis informasi. Portal integrasi bekerja untuk mengkonsolidasikan,
mengelola, menganalisa, dan mendistribusikan informasi di seluruh dan di luar
perusahaan.
Ø Mobile Internet
Mobile internet
mempunyai pengertian akses internet yang bersifat Nirkabel (Wireless) dengan menggunakan perangkat Bergerak yang dilengkapi chip
mini penangkap sinyal (Telepon selular atau Gadget).
SISTEM FUNGSIONAL, PERUSAHAAN
DAN INTERORGANISASI
Ø Karakteristik
Sistem Informasi Fungsional (Characteristics of Functional Information
Systems )
Sistem Informasi Fungsional adalah Sistem Informasi yang
memberikan informasi kepada kelompok / orang pada bagian tertentu dalam sebuah
perusahaan
ü terdiri dari beberapa subsistem
1.
Subsistem
masukan (input)
Subsistem input ini bertugas mengumpulkan da
menyiapkan data spasial berbagai sumber, bertanggung jawab mengumpulkan atua
mentransformasikan format-format data asli ke dalam bentuk format yang dapat
digunakan oleh SIG.
2.
Subsistem manajemen
Subsistem ini mengorganisasikan data spasial ke
dalam sebuah sistem basis data sedemikian rupa sehingga data geografis atau
spasial tersebut mudah dicari, diupdate, dimanipulasi dan diedit.
3.
Subsistem manipulasi/analisa
Subsistem ini menentukan informasi-informasi
yang dapat dihasilkan SIG. Sistem ini juga melakukan manipulasi dan pemodelan
data untuk menghasilkan informasi yang diharapkan. Subsistem 2 dan 3 lebih
terpadu atau disebut juga Database Management System.
4.
Subsistem keluaran (output) dan penyajian
(display)
Subsistem ini menampilkan atau menghasilkan keluaran
sebagian atau seluruh basis data, baik dalam bentuk softopy maupun hardcopy
dalam bentuk tabel, grafik, peta atau miniatur 3D map dan lainnya.
ü sistem informasi dependen
ü sistem informasi fungsional berhubungan satu sama lain
ü sistem informasi fungsional berhubungan dengan lingkungan
Ø Sistem
Informasi Manajemen (SIM)
ü Pengertian
Sistem Informasi Manajemen adalah suatu
sistem perencanaan di dalam perusahaan yang melibatkan pengendalian internal
seperti pemanfaatan sumber daya, dokumen, teknologi, dan akuntansi manajemen
sebagai salah satu strategi dalam bisnis.
ü Hasil SIM
· Routine, scheduled reports
· Ad-hoc / demand report
· Exception report
exception
report : Teknik pembuatan laporan yang hanya menampilkan item-item di luar
kebiasaan, dengan tujuan memudahkan pembacaan laporan. Hal ini lebih efisien
daripada bentuk laporan yang menampilkan semua item secara periodik.
Ø Transaction
Processing Informasi System
Transaction Processing System (TPS) adalah
sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses
data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji
dan inventarisasi.
ü Proses
· Batch processing
Batch
Processing adalah suatu model pengolahan data, dengan menghimpun data terlebih
dahulu, dan diatur pengelompokkan datanya dalam kelompok-kelompok yang disebut
batch. Tiap batch ditandai dengan identitas tertentu, serta informasi mengenai
data-data yang terdapat dalam batch tersebut. Setelah data-data tersebut terkumpul
dalam jumlah tertentu, data-data tersebut akan langsung diproses.
· Online processing
Online Processing adalah sebuah sistem yang mengaktifkan semua periferal sebagai
pemasok data, dalam kendali komputer induk. Informasi-informasi yang muncul
merupakan refleksi dari kondisi data yang paling mutakhir, karena setiap
perkembangan data baru akan terus diupdatekan ke data induk.
Ø Beberapa Modul
TPS
ü Order processing
Memproses order. Sesuai
dengan namanya, ya pastinya yang utama adalah memproses order yang masuk.
Menganalisa bukti transfer
& alamat pengiriman. Selain
memproses order, juga menganalisa bukti transfer pembayaran yang
dilakukan customer, apakah itu
pembayarannya valid atau tidak. Mengecek alamat pengiriman juga apakah sudah
lengkap dan benar atau belum.
Memfilter order masuk sebelum
diproses. Jadi
setiap order masuk itu wajib difilter terlebih dahulu, tidak langsung diproses
begitu saja. Nah ini juga menjadi tugas dari OP.
ü The ledger (buku besar)
Buku besar adalah alat
yang digunakan untuk untuk mencatat perubahan-perubahan yang terjadi pada suatu
perkiraan tertentu yang disebabkan oleh adanya transaksi keuangan. Istilah buku
besar identik dengan akun, perbedaannya hanyalah dalam penyebutan.
ü Accounts payable and receivable
account receivable merupakan catatan transaksi
yang menjadi dasar kita menerima uang. Pada proses sales marketing, saat kita
membuat perintah penjualan AR tidak akan tercatat. AR baru akan dicatat ketika
costumer telah membeli barang dengan DO atau bahkan langsung membayar semuanya
di muka.
ü Inventory management, receiving and shipping of goods
ü Payroll
Payroll adalah sebuah sistem administrasi penggajian yang dibutuhkan
oleh suatu perusahaan dan biasa digunakan secara rutin baik mingguan atau
bulanan. Payroll sangat membantu
pihak perusahaan untuk mengelola segala macam administrasi yang berhubungan
dengan penggajian para pegawai.
ü Periodic reports and statements
Ø Sistem Akutansi
dan Keuangan
Akuntansi merupakan aktivitas jasa untuk menyediakan
informasi yang diperlukan untuk pengembilan keputusan. Pada sektor publik,
pengambilan keputusan terkait dengan keputusan baik pada sektor ekonomi,
sosial, dan politik. Dalam pengelolaan keuangan Negara dan Daerah yang besar
pemerintah memerlukan suatu sistem akuntansi yang diperlukan untuk pengelolaan
dana, transaksi ekonomi yang semakin besar dan beragam. Pada dasarnya baik
sektor swasta maupun pemerintah, akuntansi dibedakan menjadi dua bagian yaitu
akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Dalam hal ini akuntansi yang
dibahas adalah akuntansi keuanhan daerah.
ü Anggaran dan perencanaan keuanagan (financial planning and
budgeting)
· Prediksi atau ramalan keuanagan dan ekonomi (economic dan
financial forecasting)
· Anggaran (butgeting)
ü Manajemen investasi (investment management)
Manajemen investasi merupakan suatu manajemen profesional
yang memegang berbagai sekuritas atau surat berharga seperti, saham, obligasi
serta aset yang lainnya seperti properti bertujuan untuk mencapai target
investasi yang dapat menguntungkan untuk investor.
ü Kontrol terhadap keuangan (financial controls)
· Budgetary control
· Auditing
Auditing yaitu menentukan apakah informasi yang
dicatat dengan benar mencerminkan peristiwa ekonomi yang terjadi selama periode
akuntansi.
Akuntansi meliputi:
Transaksi–>Jurnal–>Buku Besar–>Laporan Keuangan
Auditing memiliki siklus kebalikan dari Akuntansi : Laporan Keuangan–>Buku Besar–>Transaksi.
Auditing memiliki siklus kebalikan dari Akuntansi : Laporan Keuangan–>Buku Besar–>Transaksi.
· Analisis kesehatan keuanagan
· Analisis keuanagan dan pengawasan biaya
Ø Sistem Penjualan
dan Pemasaran (Marketing and sales System)
Konsep Penjualan yaitu memfokuskan pada penjualan. Karena itu, konsep ini lebih mengedepankan produk yang
dibuat sebaik-baiknya, lalu nanti baru dipikirkan bagaimana cara menjualnya.
Ingat yang dikedepankan adalah produk.
Konsep Pemasaran yaitu memfokuskan pada kebutuhan pembeli.
Karena itu pemasaran sibuk dengan pemikiran memuaskan kebutuhan pelanggan
melalui produk dan keseluruhan barang yang berhubungan dengan penciptaan,
pengantaran, dan akhirnya pengkonsumsiannya.
ü Customer service (layanan terhadap pelanggan)
Customer service adalah setiap kegiatan yang ditujukan untuk
memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan seseorang kepada kliennya
dalam menyelesaikan masalah dengan memuaskan. Pelayanan yang diberikan termasuk
menerima keluhan atau masalah yang sedang dihadapi.
·
Analisis profil dan kegemaran pelanggan
·
Mass cutomization
mass
customization adalah kemampuan untuk menawarkan produk atau jasa yang
disesuaikan secara individu dengan menggunakan sumber daya produksi yang sama
seperti mass production.
·
Targeted advertising on the web
·
Customer inquiry systems and automated help desk
ü Telemarketing
telemarketing yaitu memasarkan atau mensosialisasikan produk atau jasa
melalui telepon. Biasanya, strategi pemasaran melalui telemarketing
ini dipakai
oleh beberapa perusahaan besar untuk menawarkan produknya. Menurut banyak ahli
pemasaran, penawaran melalui telemarketing cenderung mudah diterima, karena sifatnya memang berbicara
secara personal langsung kepada konsumen.
·
Advertising and reaching customer
·
Proses pemesanan
· Layanan terhadap pelanggan
· Dukungan penjalan
· Manajemen account
ü Distribution channels management
ü Marketting management
·
Pricing of product or services
·
Selesperson productivity
·
Product-customer profitability
analysis
·
Sales analysis and trends
Ø Customer Relationship
Management (DRM)
Customer Relationship Management adalah strategi bisnis
yang memadukan proses, manusia dan teknologi. Membantu menarik prospek
penjualan, mengkonfersi mereka menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan
yang sudah ada, pelanggan yang puas dan loyal.
Ø Sistem Menajemen
Operasi dan Produksi
ü Manajemen logistik dan material
ü Perencanaan produksi / operasi (planning
produktion / operations)
ü Rancangan kerja dan manufaktur yang
otomatis (automated design work and manufacturing)
· Computer-aided design (CAD)
· Computer-aided manufacturing
· Computer-integrated manufacturing (CIM)
Ø Sistem Manajemen
Sumber Daya Manusia
ü Perekrutan (recruitment)
ü Pemeliharaan dan pengembangan sumber daya manusia
ü Perencanaan dan manajemen sumber daya manusia
Ø Integrated
Information System and Enterprise Resource Planning
ü Menghubungkan sistem yang ada
ü Menggunakan perangkat lunak supply chain management
ü Menggunakan enterprise resource planning (ERP) aplikasi SAP
Ø Sistem Informasi
Global / Interorganisasi
ü Sistem global (global systems)
ü Electronic data intechange (EDI)
ü Electronic funds transfer (EFT)
ü Ekstranet
ü Shared database
ü Integrated messaging
Komentar
Posting Komentar