Tugas PTI

TUGAS

PENGANTAR
 TEKNOLOGI INFORMASI




Tugas Internet, Intranet, Ekstranet
                                 HOLIDIYATUL  AMANI
                                 201950309

Ø  Pengertian Internet
·         Internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan komputer satu sama lain yang menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran sehingga kita bisa saling berkomunikasi, berinteraksi, dan saling bertukar informasi meski dalam jarak yang jauh.

Ø  Evolusi Internet

Ø  Infrastruktur dari Internet
·      infrastruktur dari internet terdapat 2 jenis yang disediakan oleh penyedia jaringan dan layanan pada umumnya yaitu:
1.    Melalui Kabel  (fiber optic / serat optic)
2.    Media satellite yang kemudian disalurkan melalui tower / pemancar (nirkabel)
3.    internet itu sendiri dijalankan baik di Indonesia maupun diseluruh dunia ?

Ø  Penggunaan Internet
·      Alamat internet
Situs web (website) adalah sekumpulan halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi.
·      Akses internet
Ada 171,17 juta pengguna internet Indonesia di tahun 2018. Bila berbicara segi umur, maka pengguna internet tersebut dikuasi oleh milenial.

Data tersebut diungkapkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (
APJII) yang di mana tiap tahunnya merilis angka terkini jumlah pengguna internet di Tanah Air.

·      Dial-up
Dial-up adalah suatu jenis koneksi antara komputer dengan menggunakan saluran telepon tetap ataupun bergerak. Atau definisi dial-up yang lainnya yaitu merupakan sebuah istilah untuk menghubungkan komputer ke internet dengan menggunakan saluran telepon. Sedangkan syarat yang utama untuk melakukan koneksi dial-up harus ada modem.

·      Landline broadband
Internet Broadband adalah istilah generik yang digunakan untuk berbagai jenis koneksi internet dengan mengunakan teknologi broadband.
pengertian Broadband dalam arti harfiah, berarti jangkauan frekuensi yang luas yang digunakan untuk mengirim dan menerima data. Sebelumnya, proses akses internet dial-up sangatlah lambat, kecepatankoneksi dial-up terlalu lamban karena saluran telepon tetap sibuk saat mengakses internet. Faktor-faktor inilah  membuat metode koneksi broadband ini disukai untuk akses internet.

o  DSL
DSL adalah singkatan dari digital subscriber line. Pengertian digital subscriber line adalah teknologi yang mampu menyediakan bandwith cukup tinggi ke rumah-rumah atau perusahaan dengan menggunakan media kabel telepon. Umumnya  kecepatan downolad dari DSL sekitar dari 128 kbit/d hingga 24.000 kb/d tetapi tergantung dari teknologi DSL tersebut. Untuk ADSL Kecepatan upload lebih rendah dari download dan untuk SDSL sama cepat.

o  Cable modem
Modem Kabel (cable modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan maksimum 27 Mbps downstream (kecepatan unduh ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan unggah dari pengguna). Agar dapat menggunakan modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan kartu eternet.

·      WI-FI
pengertian Wifi adalah teknologi untuk saling bertukar data menggunakan gelombang radio (secara nirkabel) dengan memanfaatkan berbagai peralatan elektronik. Diperlukan peralatan elektronik seperti misalnya komputer, smartphone, tablet, atau bahkan video game console untuk terhubung dalam jaringan komputer, termasuk internet, melalui Wifi.

·      Satellite
Satelit merupakan sebuah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan juga rotasi tertentu. menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang dimaksud dengan pengertian satelit adalah bintang siarah yang mengedari bintang siarah yang berukuran lebih besar. Sebagai contoh adalah bulan mengelilingi bumi. Satelit- satelit ini dapat mengelilingi planet di tata surya disebabkan karena adanya gaya gravitasi dari planet.

·      Cell phones

Ø  Layanan yang Disediakan oleh Internet :
1.    Email (Elektronic Mail)
Electronic Mail (email) yang berarti ssurat elektronik ini berfungsi untuk mengirim surat. Menurut sejarahnya layanan ini adalah layanan internet yang pertama di dunia. Bahkan saya baca di wikipedia email tercipta sebelum internet diciptakan. Dengan adanya layanan Email kita dimudahkan dalam mengirim surat. Contoh layanan Email adalah Tahoo, Gmail, dll.
2.    E-Commerce
E-Commerce adalah yalanan intrenet yang digunakan untuk kepentimgan ekonomi. Toko online merupakansalah satu contoh dair layanan E-Commerce. Dengan adanya layanan ini, kita tidak perlu peergi ke toko untuk berbelanja, karna kita bisa beli barang secara online dan tidak peerrlu cape, contohnya Tokopedia, Buka Lapak, Lazada, dll.
3.    E-Banking
Dengan adanya E-Banking proses transfer uang yang anda lkukan bisa berjalan dengan cepat. Saat ini sudah bnyak Bank yang menyediakan layanan ini, sehingga para nasabah Bank tersebut tidak perlu lagi pergi ke ATM untuk melakukan transfer uang. Bahkan beberapa Bank sudah merambah ke dumia mobile, sehingga kegiatan transfer uang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.
4.    E-Learning
Merupakan sistem pembelajaran elektronik, dimana peserta didik dan guru tidak bertatapmuka secara langsung, melainkan dari jara jauh. Koomputer menjadi perantara antara pengajar dan peserta didik. Dengan adanya E-Learning kita dapat membaca materi secara berulang ulangg. Namun dapatmengurangi interaksi antara guru dengan murid secara langsung.
5.    E-Goverment
E-Goverment merupakan bentuk pelayanan pemerintah terhadap masyarakatnya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Ada beberapa model penyampaian utama yaitu Goverment to Citizen / Goverment to Customer (G2C), Goverment to Goverment (G2G). E-Goverment dciharapkan dapat meningkatkan efisiensi, kenyamanan dan aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.
6.    Milist (Mailing List)
Milist atau Mailing List adalah layanan yang digunakan untuk berdiskusi dalam suatu komunitas atau organisasi. Setiap anggona milist dapatmembaca surat dari anggota lainnya yang berada dalam lingkaran grup diskusi. Dan setiap anggota juga berhak membalas surat atu tidak. Apabila ada salah satu anggota yang membalas pesan maka semua anggota yang berada dalam grup tersebut akan mendapat balasan pesan. Dalam Milist setiap orang dapat berlangganan atau berhenti berlangganan.
7.    Internet Relay Chat (IRC)
IRC atau akrab disebut layanan chatting adalah salah suatu teknologi dimana setiap orang dapat berinteraksi dengan orang lain yang jaraknya jauh. Dengan adanya teknologi inikita dapat berkenalan dengan orang baru dan memperbanyak teman atau relasi. Kita pun bisa saling melihat wajah lawan bicara kita apabila komputer kita atau orang tersebut dilengkapi dengan WebCam.
8.    Voic Over Internet Protocol (VOIP)
VOIP memungkinkan kita untuk berbicara melalui telepon dengan biaya gratis. VOIPhanya membutuhkan koneksi internet sehingga tidak perlu menggunakan pulsa. Di Indonesia terdpat VOIP Rakyat, anda bisa mengunakan fasilitas ini dengann gratis.

ü Layanan komunikasi
Salah satu fungsi dasar dari kantor dan merupakan proses yang esensial bagi semua bentuk perusahaan. Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi dari satu orang ke orang lain melalui pos, telepon, teleprinter, jasa kurir, atau sarana lain.
·      e-mail
Pengertian Email atau surat elektronik adalah suatu sarana untuk mengirim dan menerima surat atau pesan dengan format digital melalui jalur jaringan komputer dan internet.
·      USENET Newgroup (forums)
Newsgroup adalah suatu tempat penyimpanan yang biasanya dipakai oleh usenet (sistem diskusi internet yang tersebar) untuk berbagai pesan yang dikirimkan dari banyak pengguna pada lokasi-lokasi yang berlainan. Kadang istilah ini membingungkan, sebab kebanyakan orang memakai newsgroup untuk diskusi kelompok. Perangkat lunak yang dipakai untuk membaca newsgroup yaitu Newsreader.


·      LISTSERV
Listserv Merupakan sebuah sistem distribusi mailing-list otomatis atau bisa juga disebut sebagai Komputer yang mengotomatiskan pengiriman e-mail (bertindak sebagai pusat distribusi untuk pesan-pesan e-mail). Salah satu contoh adalah EDTECH yang para anggotanya mendiskusikan topik-topik yang terkait dengan teknologi pendidikan.
LISTSERV adalah daftar aplikasi perangkat lunak surat elektronik yang pertama, yang terdiri dari satu set alamat email untuk kelompok di mana pengirim dapat mengirim satu email dan akan mencapai berbagai orang. Ketika seseorang berlangganan milis, listserv secara otomatis akan menambahkan alamat dan mendistribusikan masa depan e-mail ke alamat itu bersama dengan semua orang lain dalam daftar.

·      Chatting
Chatting adalah aktivitas berkomunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan memanfaatkan aplikasi chatting dan jaringan internet. Aplikasi chatting saat ini sudah sangat maju. Tidak hanya mengirim pesan teks saja, aktivitas chatting sekarang ini juga bisa mengirimkan emoticon, pesan suara, bahkan video.

·      Instant messaging
Instant Messaging adalah bentuk komunikasi pesan singkat antara dua orang atau lebih menggunakan teks yang diketik. Teks dikirim melalui komputer yang terhubung melalui sebuah jaringan LAN atau internet.

·      Telnet
Telnet yaitu merupakan suatu protocol yang memungkinkan penggunanya dapat login dan bekerja pada sistem jarak jauh, seperti jika terdapat program maupun file yang tersimpan pada komputer jarak jauh tersebut berada di komputer pengguna itu sendiri. Singkatnya Telnet merupakan perangkat lunak (softwere) yang digunakan untuk melakukan kontrol jarak jauh pada sistem komputer.

·      Internet telephony
Internet telephony yaitu fasilitas untuk berkomunikasi dan suara melalui internet menggunakan pesawat telepon, pulsa yang dibayar sama dengan pulsa internet walaupun dilakukan secara SLJJ atau SLI. Software yang digunakan untuk telephony adalah net2phone, buddytalk, media ring talk, dll.

·      Internet fax
Internet fax juga dapat digunakan untuk mengirim faximili yang secara umum internet fax melalui mesin faksimili. Biaya yang dibebankan adalah biaya lokal atau sama dengan internet. Fasilitas ini sanagat mempermudah para sekretaris perusahaan untuk mengirim faksimili dalam jumlah yang banyak.

·      Streaming audio dan vidio
Streaming memiliki dua macam, yakni streaming audio dan vidio. Melalui pengertian streaming audio itu sendiri untuk mendengarkan siaran secara live internet. Tetapi tidak mendownload terlebih dahulu lalu menyimpannya di computer, dengan streaming ini dapat mendengar tanpa harus mendownloadnya.
Sedangkan pengertian dari vidio streaming adalah untuk melihat langsung siaran vidio melalui internet, tanpa mendownload dan menyimpannya di computer sebelumnya.

·      Real-time audio dan vidio
Real time yaitu tidak langsung atau on-demand.

ü Layanan perolehan informasi (information retrieval services)

·      File transfer protocol (FTP)
File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client. FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.

·      Archie
Archie : Perkakas untuk pengindeks-an arsip yang terdapat di FTP, sehingga memungkinkan orang untuk melakukan pencarian yang spesifik. Implementasi pertama kali ditulis oleh Alan Emtage dan J. Peter Deutsch pada tahun 1990.



·      Gophers
Gopher : Sistem informasi di internet yang disusun secara hirarkis dan terstruktur sehingga mempernudah pemakai untuk mencari dan mendapatkan informasi yang diinginkan. Informasi gopher berbasis teks dan saat ini fungsinya di gantikan oleh world wide web (www).
·      Veronica (very easy rodeth oriental netwide index to computer)
Veronica : Mesin pencari untuk protokol Gopher, diciptakan pada tahun 1992 oleh Steven Foster Fred Barrie dari University of Nevada.

·      Wide area information server (WAIS)
WAIS : Wide Area Information Servers atau WAIS adalah sistem pencarian teks client-server yang menggunakan standar ANSI Z39.50 untuk mencari indeks basis data pada komputer remote.

·      Web services
Web service adalah suatu sistem perangkat lunak yang dirancang untuk mendukung interoperabilitas dan interaksi antar sistem pada suatu jaringan. Web service digunakan sebagai suatu fasilitas yang disediakan oleh suatu web site untuk menyediakan layanan (dalam bentuk informasi) kepada sistem lain, sehingga sistem lain dapat berinteraksi dengan sistem tersebut melalui layanan-layanan (service) yang disediakan oleh suatu sistem yang menyediakan web service. Web service menyimpan data informasi dalam format XML, sehingga data ini dapat diakses oleh sistem lain walaupun berbeda platform, sistem operasi, maupun bahasa compiler.

Ø  World Wide Web
World Wide Web adalah suatu ruang informasi di internet yang digunakan oleh pengenal global yang disebut dengan Pengidentifikasi Sumber Ragam/ URI untuk mengenali sumber daya berguna. World Wide Web berisi kumpulan peladen web dari berbagai seluruh bagian dunia untuk menyediakan informasi dan data yang bisa digunakan bersama.

ü Browser
Browser adalah menjelajah dengan mengikuti link di halaman web. Browser adalah software/aplikasi/perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses/ menampilkan halaman web. Lebih jelasnya Web browser adalah aplikasi perangkat lunak digunakan untuk mencari, mengambil dan juga menampilkan informasi di World Wide Web, termasuk halaman Web, gambar, video dan file lainnya. Browser juga mempunyai kemampuan dalam menampilkan kode semantik atau bahasa pemrograman halaman website seprti HTML, Java Script, CSS dan lain-lain menjadi halaman yang mudah dimengerti semua orang.

ü Offline browser
Offline browsing adalah sebuah cara untuk menghemat penggunaa waktu offline.
Fungsi offline browsing adalah dapat menyimpan sebuah dokumen web (lengkap dengan link dan isinya )
ketika sedang offline.
ü Mesin pencari (search engine)
Search engine atau mesin pencari adalah sebuah sistem software atau sebuah aplikasi yang didesain dan disediakan oleh suatu badan komersial tertentu dan dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pengguna internet mencari berbagai informasi di internet. Berbagai informasi ini biasanya tersimpan dalam WWW (World Wide Web), FTP (File Transfer Protocol), atau mailing list yang berada dalam sebuah server.

ü Push technology
Technology push ialah Produk baru diperoleh dari teknologi produksi, penggunaan teknologi yang canggih dan kemudahan operasi, dengan sedikit perhatian terhadap pasar. Dengan kata lain suatu produk atau teknologi baru didorong atau dijual ke pasar (potential customer) yang tidak meminta atau mengetahui perihal produk atau teknologi baru tersebut.Technology Pushakan menuju kepada radical innovation.

ü Penyaring informasi
 penyaringan informasi adalah sistem yang menghapus informasi yang berlebihan atau tidak diinginkan dari aliran informasi menggunakan metode (semi) otomatis atau terkomputerisasi sebelum disajikan kepada pengguna manusia. Tujuan utamanya adalah pengelolaan informasi yang berlebihan dan peningkatan rasio sinyal-terhadap-suara semantik . Untuk melakukan ini, profil pengguna dibandingkan dengan beberapa karakteristik referensi. Karakteristik ini dapat berasal dari item informasi (pendekatan berbasis konten) atau lingkungan sosial pengguna (pendekatan penyaringan kolaboratif ).

ü Clipping services

ü Personalized web service
Web service adalah aplikasi sekumpulan data (database), perangkat lunak (software) atau bagian dari perangkat lunak yang dapat diakses secara remote oleh berbagai piranti dengan sebuah perantara tertentu. Secara umum,web service dapat diidentifikasikan dengan menggunakan URL seperti hanya web pada umumnya. Namun yang membedakan web service dengan web pada umumnya adalah interaksi yang diberikan oleh web service. Berbeda dengan URL web pada umumnya, URL web service hanya menggandung kumpulan informasi, perintah, konfigurasi atau sintaks yang berguna membangun sebuah fungsi-fungsi tertentu dari aplikasi.

ü Web authoring


Ø  Tantangan-Tantangan Internet
Tantangan pertama adalah perlindungan privasi. Saat ini, masyarakat dunia maya berbagi banyak kehidupan pribadi melalui jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Masyarakat juga mulai lebih sering menyimpan data digital di sistem cloud (sistem awan) dan ponsel.
Meskipun informasi yang dikumpulkan secara digital dapat dipersonalisasi di internet, namun tetap saja muncul kekhawatiran bahwa data tersebut dapat dikumpulkan dan dijual pihak lain, tanpa sadar dan digunakan untuk merugikan pengguna.
IADS percaya bahwa industri harus mengambil langkah cermat melawan mitos perdebatan privasi dengan menetapkan standar global, memberikan kebijakan transparansi serta mendidik pengguna internet.
Sebagai contoh, Facebook yang diselimuti kasus pemanfaatan data pengguna tanpa izin harus mempertanggungjawabkan tindakan mereka secara transparan ke publik, tulis media Business Insider.
Saat ini, Electronic Frontier Foundation berambisi untuk memperluas hak-hak privasi pengguna di dunia nyata ke dalam produk digital dengan mempromosikan teknologi proteksi privasi.
Tantangan kedua adalah memodernisasi Undang-undang Hak Cipta. Aturan hak cipta telah tertingal jauh di belakang kurva teknologi. Audio, video, buku elektronik (e-book) dan artikel online dapat digandakan dan dipertukarkan hanya dengan menekan satu tombol. Di lain pihak, kebijakan kepemilikan produk sangat tidak mendukung di dunia digital. IADAS menyarankan Undang-undang Hak Cipta yang baru dan lebih baik. Untuk pengunaan internet yang berguna dibutuhkan aturan hak cipta yang berpotensi tinggi, baru dan modern sehingga merefleksikan hubungan antara teknologi dan kreativitas, tulis keterangan IADAS. Sebagai contoh, pengamat teknologi Anil Dash mencatat bahwa pelanggaran hak cipta paling mencolok tampak di video campuran lagu para artis di YouTube. Karya ini dapat dilihat sebagai pernyataan politik kolektif soal pembangkangan masyarakat. Pemerintah harus mendorong restrukturisasi politik online sehingga semua lapisan masyarakat tidak dirugikan. Organisasi nirlaba Creative Commons saat ini mengembangkan dukungan dan infrastruktur hukum dan proses teknis untuk memaksimalkan kreativitas, pertukaran data dan inovasi digital.
Tantangan ketiga adalah memastikan netralitas internet. Pendukung netralitas internet percaya bahwa penyedia layanan internet (Internet service providers / ISP) harus memperlakukan semua lalu lintas web dengan sama.
Pengamat teknologi AS Vint Cerf yang dianggap banyak orang sebagai tokoh terkemuka internet percaya bahwa prinsip netralitas dapat meningkatkan kompetisi dan inovasi individu untuk menciptakan konten dan layanan terbaik.
Terlalu banyak aturan membuat operator jaringan melakukan diskriminasi dalam mendukung berbagai jenis layanan. Ini mengganggu berbagai pihak dan menempatkan operator sebagai pengendali aktivitas online, tulis Cerf.
Apa yang harus dilakukan untuk masa depan adalah para pemimpin industri dan pembuat kebijakan duduk bersama mengidentifikasi solusi demi menjamin perlakuan adil terhadap semua lalu lintas internet. Bagaimanapun, solusi ini juga harus memberikan fleksibilitas yang cukup bagi ISP untuk mengelola jaringan dan layanan secara efisien, tulis IADAS.

Tantangan keempat adalah menjaga keterbukaan web. Pencipta World Wide Web tim Berners-Lee menulis di Scientic American, dengan merancang protokol komputer dan perangkat lunak, proses penggunaan sebenarnya di luar kontrol manusia. Kita berhak memilih properti yang kita inginkan dan tidak.
Sayangnya, dengan keberadaan jejaring sosial dan perangkat seluler yang dibangun dengan platform tersendiri, Web diambang bahaya karena berada dalam lingkungan yang terfragmentasikan. Peserta IADAS memperingatkan keberadaan aplikasi seluler dan jejaring sosial yang cenderung membatasi interaksi Web dan kekuatan komunal.

Tantangan kelima adalah kekuatan pengamanan internet. Menyimpan data secara online sangat menyenangkan dan efisien namun kemudahan itu memiliki harga tersendiri. Muncul ketakutan di pengguna facebook atau data perbankan internet bahwa informasi pribadi mereka bisa jatuh ke tangan yang salah.
Contoh dugaan paling besar adalah pemerintah China yang menuduh Google di awal 2010 menyebarkan data pribadi penguna. Keberadaan situs Wikileaks juga menunjukkan betapa data pribadi dapat dimanfaatkan orang lain dan bocor di masyarakat.

ü Teknologi-teknologi baru

ü Peraturan internet

ü Ekspansi internet
Perluasan internet

ü Internet privacy

Ø  Pengertian Internet
Intranet adalah jaringan pribadi (Private Network) yang mengunakan internet untuk saling berbagi dan bertukar informasi di dalam jaringan lokal contohnya adalah: Perusahaan, Kantor, Sekolah Universitas DLL. Intranet juga termasuk ke dalam salah satu jaringan LAN (Local Area Network) yang hanya bisa mencakup wilayah kecil.

ü Private network
Virtual Private Network atau biasa disebut VPN adalah Sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan tertentu, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi. salah satu fungsi adanya vpn adalah keamanan dalam berkomunikasi atau dalam pertukaran data, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusup ke traffic (lalu lintas jaringan) yang tidak semestinya.


Ø  Keamanan intranet
Keamanan internet adalah semua masalah yang mencakup keamanan untuk transaksi yang dilakukan melalui Internet. Umumnya, keamanan Internet meliputi keamanan browser, keamanan data yang dimasukkan melalui form Web, otentikasi keseluruhan, dan perlindungan data yang dikirim melalui Internet Protocol.
ü Public key security
Public Key Encryption adalah Sistem enkripsi (penyandian) yang menggunakan dua kunci, yaitu kunci publik dan kunci privat. Kunci publik diberitahukan oleh pemilik dan digunakan oleh semua orang yang ingin mengirimkan pesan terenkripsi kepada pemilik kunci. Kunci privat digunakan oleh pemilik kunci untuk membuka pesan terenkripsi yang ia terima.
·      Encyption
Program penyandi pesan agar tidak dapat dibaca orang lain atau tidak dapat diketahui informasinya oleh orang lain tanpa pengetahuan khusus. Atau arti dari encryption yaitu sebuah proses untuk “mengaburkan” informasi supaya informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa pengetahuan khusus.
·      Digital certificates
Digital Certificate (Sertifikat digital) adalah “kata sandi” elektronik yang memungkinkan seseorang, organisasi untuk bertukar data secara aman melalui Internet menggunakan public key infrastructure (PKI). Sertifikat Digital juga dikenal sebagai sertifikat kunci publik atau sertifikat identitas. Sertifikat digital berbagi kunci publik yang akan digunakan untuk enkripsi dan otentikasi.
ü Firewall
 Firewall yaitu suatu kombinasi antara hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) yang fungsinya menjadi pemisah diantara jaringan komputer menjadi dua atau lebih untuk menjaga keamanan data. Pengertian lain dari firewall adalah suatu sistem kemanan pada jaringan komputer yang dipakai untuk melindungi komputer dari beberapa serangan dari komputer luar.

ü Assured pipeline
Pipeline adalah suatu cara yang digunakan untuk melakukan sejumlah kerja secara bersama tetapi dalam tahap yang berbeda yang dialirkan secara kontinu pada unit pemrosesor. Dengan cara ini, maka unit pemrosesan selalu bekerja. Teknik pipeline ini dapat diterapkan pada berbagai tingkatan dalam sistem komputer. Bisa pada level yang tinggi, misalnya program aplikasi, sampai pada tingkat yang rendah, seperti pada instruksi yang dijaankan oleh microprocessor.

Ø  Pengertian Ekstranet
 Extranet (Ekstranet) ini ialah sebuah jaringan pengguna (pribadi) yang menggunakan protokol internet serta juga sistem telekomunikasi publik untuk dapat membagi sebagian informasi bisnis atau juga operasi itu dengan secara aman itu kepada penyalur(supplier), penjual(vendor),mitra(partner), pelanggan serta lain-lain.

Ø  Tipe-Tipe dari Ekstranet
Tipe-tipe utama dari ekstranet adalah (berdasarkan rekan bisnis yang terlibat dan tujuannya) :
1.    Perusahaan dan dealernya, pelanggannya, dan suppliernya. Ekstranet seperti ini dipusatkan pada satu perusahaan
2.    Sebuah ekstranet industri. Beberapa industri bergabung membuat ekstranet yang berguna untuk mereka
3.    Joint Venture dan kemitraan bisnis lainnya. Beberapa mitra bisnis bergabung untuk membentuk ekstranet yang digunakan sebagai alat untuk berkolaborasi dan berkomunikasi.

ü  Satu perusahaan
Sering digunakan perusahaan untuk kegiatan bisnis. Dapat bertukar data bervolume besar dan dapat digunakan untuk jaringan kerjasama. Keamanan data tetap terjaga karena data yang bisa dilihat hanya sebagian saja.

ü  Ekstranet industri
Beberapa Intranet. Dengan menggunakan Intranet Kita bisa membangun sebuah industri Ekstranet yang merupakan gabungan beberapa Ekstranet yang memiliki Ekstranet, yang berguna untuk mempermudah komunikasi.

ü  Joint venture atau mitra bisnis
Joint venture adalah bentuk gabungan dari beberapa perusahaan dari berbagai negara yang berkerjasama dan menjadi satu perusahaan untuk mencapai konsentrasi kekuatan ekonomi dan tanpa melihat besar atau kecilnya modal. Kepengurusan Joint venture dipimpin oleh Dewan Direktur yang dipilih oleh para pemegang saham, dan pendiriannya harus mempunyai bentuk hukum PT (Perseroan Terbatas).

Ø  Portal Informasi Perusahaan (Enterprinse Information Portals )
Portal Informasi Perusahaan (EIP) adalah suatu aplikasi yang memungkinkan organisasi untuk membuka secara internal dan eksternal informasi yang disimpan dan memberikan pengguna pintu gerbang tunggal untuk informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan bisnis informasi. Portal integrasi bekerja untuk mengkonsolidasikan, mengelola, menganalisa, dan mendistribusikan informasi di seluruh dan di luar perusahaan.

Ø  Mobile Internet
Mobile internet mempunyai pengertian akses internet yang bersifat Nirkabel (Wireless) dengan menggunakan perangkat Bergerak yang dilengkapi chip mini penangkap sinyal (Telepon selular atau Gadget).





SISTEM FUNGSIONAL, PERUSAHAAN
DAN INTERORGANISASI

Ø  Karakteristik Sistem Informasi Fungsional (Characteristics of Functional Information Systems )
Sistem Informasi Fungsional adalah Sistem Informasi yang memberikan informasi kepada kelompok / orang pada bagian tertentu dalam sebuah perusahaan
ü  terdiri dari beberapa subsistem
1.    Subsistem masukan (input)
Subsistem input ini bertugas mengumpulkan da menyiapkan data spasial berbagai sumber, bertanggung jawab mengumpulkan atua mentransformasikan format-format data asli ke dalam bentuk format yang dapat digunakan oleh SIG.
2.    Subsistem manajemen
Subsistem ini mengorganisasikan data spasial ke dalam sebuah sistem basis data sedemikian rupa sehingga data geografis atau spasial tersebut mudah dicari, diupdate, dimanipulasi dan diedit.
3.    Subsistem manipulasi/analisa
Subsistem ini menentukan informasi-informasi yang dapat dihasilkan SIG. Sistem ini juga melakukan manipulasi dan pemodelan data untuk menghasilkan informasi yang diharapkan. Subsistem 2 dan 3 lebih terpadu atau disebut juga Database Management System.
4.    Subsistem keluaran (output) dan penyajian (display)
Subsistem ini menampilkan atau menghasilkan keluaran sebagian atau seluruh basis data, baik dalam bentuk softopy maupun hardcopy dalam bentuk tabel, grafik, peta atau miniatur 3D map dan lainnya.

ü  sistem informasi dependen

ü  sistem informasi fungsional berhubungan satu sama lain

ü  sistem informasi fungsional berhubungan dengan lingkungan

Ø  Sistem Informasi Manajemen (SIM)
ü  Pengertian
Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem perencanaan di dalam perusahaan yang melibatkan pengendalian internal seperti pemanfaatan sumber daya, dokumen, teknologi, dan akuntansi manajemen sebagai salah satu strategi dalam bisnis.

ü  Hasil SIM
·      Routine, scheduled reports
·      Ad-hoc / demand report
·      Exception report
exception report : Teknik pembuatan laporan yang hanya menampilkan item-item di luar kebiasaan, dengan tujuan memudahkan pembacaan laporan. Hal ini lebih efisien daripada bentuk laporan yang menampilkan semua item secara periodik.

Ø  Transaction Processing Informasi System
Transaction Processing System (TPS) adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi.

ü  Proses
·      Batch processing
Batch Processing adalah suatu model pengolahan data, dengan menghimpun data terlebih dahulu, dan diatur pengelompokkan datanya dalam kelompok-kelompok yang disebut batch. Tiap batch ditandai dengan identitas tertentu, serta informasi mengenai data-data yang terdapat dalam batch tersebut. Setelah data-data tersebut terkumpul dalam jumlah tertentu, data-data tersebut akan langsung diproses.

·      Online processing
Online Processing adalah sebuah sistem yang mengaktifkan semua periferal sebagai pemasok data, dalam kendali komputer induk. Informasi-informasi yang muncul merupakan refleksi dari kondisi data yang paling mutakhir, karena setiap perkembangan data baru akan terus diupdatekan ke data induk.

Ø  Beberapa Modul TPS
ü  Order processing
Memproses order. Sesuai dengan namanya, ya pastinya yang utama adalah memproses order yang masuk.
Menganalisa bukti transfer & alamat pengiriman. Selain memproses order, juga menganalisa bukti transfer pembayaran yang dilakukan customer, apakah itu pembayarannya valid atau tidak. Mengecek alamat pengiriman juga apakah sudah lengkap dan benar atau belum.
Memfilter order masuk sebelum diproses. Jadi setiap order masuk itu wajib difilter terlebih dahulu, tidak langsung diproses begitu saja. Nah ini juga menjadi tugas dari OP.

ü  The ledger (buku besar)
Buku besar adalah alat yang digunakan untuk untuk mencatat perubahan-perubahan yang terjadi pada suatu perkiraan tertentu yang disebabkan oleh adanya transaksi keuangan. Istilah buku besar identik dengan akun, perbedaannya hanyalah dalam penyebutan.

ü  Accounts payable and receivable
account receivable merupakan catatan transaksi yang menjadi dasar kita menerima uang. Pada proses sales marketing, saat kita membuat perintah penjualan AR tidak akan tercatat. AR baru akan dicatat ketika costumer telah membeli barang dengan DO atau bahkan langsung membayar semuanya di muka.

ü  Inventory management, receiving and shipping of goods

ü  Payroll
Payroll adalah sebuah sistem administrasi penggajian yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan dan biasa digunakan secara rutin baik mingguan atau bulanan. Payroll sangat membantu pihak perusahaan untuk mengelola segala macam administrasi yang berhubungan dengan penggajian para pegawai.

ü  Periodic reports and statements


Ø  Sistem Akutansi dan Keuangan
Akuntansi merupakan aktivitas jasa untuk menyediakan informasi yang diperlukan untuk pengembilan keputusan. Pada sektor publik, pengambilan keputusan terkait dengan keputusan baik pada sektor ekonomi, sosial, dan politik. Dalam pengelolaan keuangan Negara dan Daerah yang besar pemerintah memerlukan suatu sistem akuntansi yang diperlukan untuk pengelolaan dana, transaksi ekonomi yang semakin besar dan beragam. Pada dasarnya baik sektor swasta maupun pemerintah, akuntansi dibedakan menjadi dua bagian yaitu akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Dalam hal ini akuntansi yang dibahas adalah akuntansi keuanhan daerah.

ü  Anggaran dan perencanaan keuanagan (financial planning and budgeting)
·      Prediksi atau ramalan keuanagan dan ekonomi (economic dan financial forecasting)

·      Anggaran (butgeting)

ü  Manajemen investasi (investment management)
Manajemen investasi merupakan suatu manajemen profesional yang memegang berbagai sekuritas atau surat berharga seperti, saham, obligasi serta aset yang lainnya seperti properti bertujuan untuk mencapai target investasi yang dapat menguntungkan untuk investor.

ü  Kontrol terhadap keuangan (financial controls)
·      Budgetary control

·      Auditing
 Auditing yaitu menentukan apakah informasi yang dicatat dengan benar mencerminkan peristiwa ekonomi yang terjadi selama periode akuntansi.
Akuntansi meliputi: Transaksi–>Jurnal–>Buku Besar–>Laporan Keuangan
Auditing memiliki siklus kebalikan dari Akuntansi : Laporan Keuangan–>Buku Besar–>Transaksi.

·      Analisis kesehatan keuanagan

·      Analisis keuanagan dan pengawasan biaya



Ø  Sistem Penjualan dan Pemasaran (Marketing and sales System)
Konsep Penjualan yaitu memfokuskan pada penjualan. Karena itu, konsep ini lebih mengedepankan produk yang dibuat sebaik-baiknya, lalu nanti baru dipikirkan bagaimana cara menjualnya. Ingat yang dikedepankan adalah produk.
Konsep Pemasaran yaitu memfokuskan pada kebutuhan pembeli. Karena itu pemasaran sibuk dengan pemikiran memuaskan kebutuhan pelanggan melalui produk dan keseluruhan barang yang berhubungan dengan penciptaan, pengantaran, dan akhirnya pengkonsumsiannya.

ü  Customer service (layanan terhadap pelanggan)
Customer service adalah setiap kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan seseorang kepada kliennya dalam menyelesaikan masalah dengan memuaskan. Pelayanan yang diberikan termasuk menerima keluhan atau masalah yang sedang dihadapi.

·      Analisis profil dan kegemaran pelanggan

·      Mass cutomization
mass customization adalah kemampuan untuk menawarkan produk atau jasa yang disesuaikan secara individu dengan menggunakan sumber daya produksi yang sama seperti mass production.

·      Targeted advertising on the web

·      Customer inquiry systems and automated help desk

ü  Telemarketing
telemarketing yaitu memasarkan atau mensosialisasikan produk atau jasa melalui telepon. Biasanya, strategi pemasaran melalui telemarketing ini dipakai oleh beberapa perusahaan besar untuk menawarkan produknya. Menurut banyak ahli pemasaran, penawaran melalui telemarketing cenderung mudah diterima, karena sifatnya memang berbicara secara personal langsung kepada konsumen.

·      Advertising and reaching customer

·      Proses pemesanan

·      Layanan terhadap pelanggan

·      Dukungan penjalan

·      Manajemen account

ü  Distribution channels management

ü  Marketting management
·      Pricing of product or services
·      Selesperson productivity
·      Product-customer profitability analysis
·      Sales analysis and trends

Ø  Customer Relationship Management (DRM)
Customer Relationship Management adalah strategi bisnis yang memadukan proses, manusia dan teknologi. Membantu menarik prospek penjualan, mengkonfersi mereka menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, pelanggan yang puas dan loyal.

Ø  Sistem Menajemen Operasi dan Produksi
ü  Manajemen logistik dan material
ü  Perencanaan produksi / operasi (planning produktion / operations)
ü  Rancangan kerja dan manufaktur yang otomatis (automated design work and manufacturing)
·      Computer-aided design (CAD)
·      Computer-aided manufacturing
·      Computer-integrated manufacturing (CIM)

Ø  Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia
ü  Perekrutan (recruitment)
ü  Pemeliharaan dan pengembangan sumber daya manusia
ü  Perencanaan dan manajemen sumber daya manusia

Ø  Integrated Information System and Enterprise Resource Planning
ü  Menghubungkan sistem yang ada
ü  Menggunakan perangkat lunak supply chain management
ü  Menggunakan enterprise resource planning (ERP) aplikasi SAP

Ø  Sistem Informasi Global / Interorganisasi
ü  Sistem global (global systems)
ü  Electronic data intechange (EDI)
ü  Electronic funds transfer (EFT)
ü  Ekstranet
ü  Shared database
ü  Integrated messaging 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UTS Semester 1 Pengantar Teknologi Imformasi

Web Security